Kriteria Laptop Gaming Terbaik



Seorang gamer harus tahu spesifikasi apa yang dibutuhkan untuk memberikan performa dan penampilan terbaik saat bermain game. Sebenarnya tidak perlu memberikan laptop gaming yang harganya puluhan juta. Anda hanya perlu mengetahui hal-hal apa saja yang ada di laptop yang akan memengaruhi kinerja game.

Saat ini sebagian besar laptop terbaru, yang mungkin harganya tidak lebih dari Rp. 10 juta, pasti sudah mendukung beberapa game berat. Namun agar tidak salah, ada beberapa tips penting yang harus diperhatikan ketika memilih laptop gaming.

Agar lebih jelas, kami meninjau tips satu per satu:
  • Prosesor
Jika Anda ingin bermain game dengan lancar, Anda disarankan untuk memilih laptop yang memiliki prosesor Intel atau AMD. Apa perbedaan keduanya?

Untuk prosesor Intel, kinerjanya lebih stabil dan tidak cepat panas. AMD sebenarnya tidak jauh berbeda, tetapi bagi Anda yang memiliki anggaran terbatas, prosesor Intel pasti akan lebih bersahabat. Ada dua jenis prosesor Intel, yaitu M dan U. Laptop gaming umumnya menggunakan prosesor Intel tipe M, sedangkan jenis U hanya digunakan untuk kelas ringan.

  • VGA
Jika komponen yang satu ini pasti ada di sana. Tidak mungkin Anda bisa memainkan game berat jika laptop Anda hanya menggunakan VGA onboard. VGA atau kartu grafis sangat berpengaruh pada kualitas tampilan game. Karena itu, ketika Anda ingin membeli laptop gaming, Anda harus memperhatikan apa yang sebenarnya dibawa VGA.

Ada baiknya Anda memilih laptop yang menggunakan kartu grafis NVIDIA atau AMD. VGA dari dua vendor ini sangat diminati karena menawarkan kualitas tinggi dengan harga yang cenderung lebih murah.

  • RAM
Selain VGA, laptop gaming biasanya juga harus dilengkapi dengan RAM besar. Kami menyarankan Anda memilih laptop dengan setidaknya 4GB RAM. Karena jika hanya 2GB, tentu akan menghambat kelancaran saat bermain game. Anda perlu berpikir dua kali saat membeli laptop gaming dengan RAM kurang dari 4GB, meskipun itu juga termasuk VGA yang cukup mampu. Perhatikan juga apakah RAM masih bisa ditingkatkan atau tidak. Jika memungkinkan, Anda dapat memutakhirkan dengan menambahkan ke 8GB.

  • Penyimpanan
Seberapa luas kapasitas penyimpanan hard disk di laptop juga akan sangat berpengaruh. Game yang bagus tentu juga membutuhkan ruang penyimpanan yang luas pula. Anda juga harus berpikir bahwa hard drive internal laptop tidak dapat ditambahkan.

Dengan kata lain, Anda harus menggunakan hard drive eksternal. Terbaru, saat ini terdapat hard drive tipe SSD, yang pasti akan mendukung kinerja game. Tapi jangan kaget ketika tahu harganya, ya.

  • Resolusi layar
Rasanya kurang nyaman bermain game dengan layar kecil. Setidaknya, laptop gaming harus memiliki layar dengan luas 15,6 inci. Tapi itu semua tergantung individu. Sebab, kenyamanan saat bermain game tidak ada referensi khusus. Jika Anda tidak puas dengan ukuran layar, mungkin Anda bisa menggunakan proyektor.

  • Baterai
Meskipun dapat dihubungkan dengan listrik, baterai laptop juga penting untuk Anda pertimbangkan. Pilih laptop dengan kapasitas baterai yang besar, karena ketika digunakan untuk bermain game baterai pasti akan menjadi lebih boros. Tapi jangan lupa memperhatikan kesehatan baterai ya.

Nah, selain enam tips tadi, satu hal yang pasti akan menjadi pertimbangan akhir adalah masalah harga. Untuk itu, Anda bisa berpikir lagi sendiri. Demikian banyak tips kali ini dan semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soul Electronics Hadirkan End Year Clearance Sale

Ingin Bermain Bola di Laptop? Perhatikan Ini